RENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata pelajaran : Kimia
Materi pokok : Konsep Kesetimbangan Dinamis
Kelas/semester : XI/ganjil
Alokasi waktu : 1 x 25 menit
I. Standar kompetensi
- Memahami kinetika dan kesetimbangan reaksi kimia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
II. Kompetensi dasar
- Menjelaskan kesetimbangan reaksi kimia
III. Indikator
- Mendeskripsikan reaksi reversible dan irreversible
- Mendeskripsikan keadaan setimbang
- Mendeskripsikan kesetimbangan homogen dan heterogen
IV. Tujuan Pembelajaran
- Mendeskripsikan reaksi reversible dan irreversible
- Mendeskripsikan keadaan setimbang
- Mendeskripsikan kesetimbangan homogen dan heterogen
VI. Model dan Metode pembelajaran
Model pembelajaran : model pembelajaran kooperatif
Metode : - penyampaian informasi
- eksperiment/demostrasi
- group investigation
- penugasan
VII. Proses belajar mengajar
Kegiatan
|
Tahap pembelajaran
|
Kegiatan guru dan siswa
|
Alokasi waktu
|
Sumber bahan/alat
|
1. Pendahuluan
2. Pembentukan konsep
3. Interprestasi data
4. Aplikasi konsep/prinsip
5. penutup
|
Penyajian
Penyajian
Mengidentifikasi, menjelaskan dan menyimpulkan
Berhipotesis dan menjelaskan hipotesis
Menguji ramalan
|
a. Guru menanyakan pengertian konsep kesetimbangan kimia dan bagian-bagian dari konsep kesetimbangan
b. Siswa disuruh menyebutkan konsep kesetimbangan kimia dan bagian-bagian dari konsep kesetimbangan
a. Siswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok, tiap kelompok diminta melakukan demostrasi dari bahan-bahan yang ada dimeja
a. Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi dari hasil demontrasi yang dilakukan, apakah termasuk kedalam kelompok reaksi reversible atau irreversible
b. Siswa membuat kesimpulan
c. Guru menjelaskan bagian dari konsep kesetimbangan dinamis yaitu :
1. Reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
2. Kedaan setimbang
a. Guru meminta kelompok siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
b. Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa tentang :
1. pengertian reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
2. pengertian kedaan setimbang
Siswa diminta menyebutkan :
a. Contoh reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
b. Contoh kedaan setimbang
|
5 menit
10 menit
5 menit
5 menit
|
Buku kimia : kelas X, internet
Bahan : kertas, air, es batu
Alat : korek api, gelas aqua
|
IX. Penilaian
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil
3. Penilaian praktik
4. Penilaian sikap
5. Penilaian pengetahuan
Soal
No
|
SOAL
|
Bobot
|
Penilaian pengetahuan
| ||
1.
|
Sebutkan pengertian dari reaksi reversible dan reversible
|
35
|
2.
|
Sebutkan pengertian dari kesetimbangan homogen dan heterogen
|
35
|
3.
|
Sebutkan pengertian kesetimbangan dinamis
|
30
|
Total skor
|
100
| |
Penilaian praktik
| ||
1.
|
Jelaskan cara sederhana untuk menunjukkan konsep kesetimbangan dinamis
|
100
|
Total skor
|
100
|
Lembar Penilaian Kognitif
No
|
Nama siswa
|
Nilai/nomor soal
|
Total skor
|
Rata-rata
|
Nilai
| ||
35/1
|
35/2
|
30/3
| |||||
1.
| |||||||
2.
| |||||||
3.
| |||||||
4.
| |||||||
5.
| |||||||
6.
| |||||||
7.
| |||||||
8.
| |||||||
9.
|
Lembar Penilaian Praktik
No
|
Nama siswa
|
Menggunakan alat
|
Kerja sama
|
kebersihan
|
Laporan kegiatan
|
Total
|
Rata-rata
|
Nilai
|
1.
| ||||||||
2.
| ||||||||
3.
| ||||||||
4.
| ||||||||
5.
| ||||||||
6.
| ||||||||
7.
| ||||||||
8.
| ||||||||
9.
|
Keterangan :
Sikap Minat
1. Dalam belajar 1. Antusiasme belajar
2. Cara berinteraksi dengan guru 2. Keakstifan belajar
3. Cara berinteraksi dengan teman 3. Kehadiran
4. Cara mengerjakan tugas 4. Keaktifan mencatat
5. Kerja sama
Moral
1. Memegang janji
2. Kepedulian terhadap teman
3. Kepedulian terhadap tugas
4. Kejujuran
Nilai
91 – 100 = A (Amat baik)
76 – 90 = B (Baik)
65 – 75 = C (Cukup)
65 - …. = D (Kurang)
SEMOGA BERMANFAAT ^-^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar