Toad Jumping Up and Down

Selasa, 19 November 2013

RPP Kesetimbangan Dinamis

RENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata pelajaran             : Kimia
Materi pokok               : Konsep Kesetimbangan Dinamis
Kelas/semester             : XI/ganjil
Alokasi waktu              : 1 x 25 menit


I.                   Standar kompetensi
-          Memahami kinetika dan kesetimbangan reaksi kimia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

II.                Kompetensi dasar
-          Menjelaskan kesetimbangan reaksi kimia

III.             Indikator
-          Mendeskripsikan reaksi reversible dan irreversible
-          Mendeskripsikan keadaan setimbang
-          Mendeskripsikan kesetimbangan homogen dan heterogen

IV.             Tujuan Pembelajaran
-          Mendeskripsikan reaksi reversible dan irreversible
-          Mendeskripsikan keadaan setimbang
-          Mendeskripsikan kesetimbangan homogen dan heterogen
 
VI.                   Model dan Metode pembelajaran
Model pembelajaran            : model pembelajaran kooperatif
Metode                              : - penyampaian informasi
                                            - eksperiment/demostrasi
                                            - group investigation
                                            - penugasan 

VII.                Proses belajar mengajar

Kegiatan
          Tahap pembelajaran
       Kegiatan guru dan siswa
         Alokasi waktu
          Sumber bahan/alat
1.         Pendahuluan









2.         Pembentukan konsep




3.         Interprestasi data













4.              Aplikasi konsep/prinsip








5.         penutup
           Penyajian









           Penyajian





  Mengidentifikasi, menjelaskan dan menyimpulkan








          



  Berhipotesis dan menjelaskan hipotesis







          Menguji ramalan 
a.    Guru menanyakan pengertian konsep kesetimbangan kimia dan bagian-bagian dari konsep kesetimbangan

b.   Siswa disuruh menyebutkan konsep kesetimbangan kimia dan bagian-bagian dari konsep kesetimbangan

a.    Siswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok, tiap kelompok diminta melakukan demostrasi dari bahan-bahan yang ada dimeja

a.    Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi dari hasil demontrasi yang dilakukan, apakah termasuk kedalam kelompok reaksi reversible atau irreversible
b.   Siswa membuat kesimpulan
c.    Guru menjelaskan bagian dari konsep kesetimbangan dinamis yaitu :
    1.      Reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
     2.      Kedaan setimbang

a.        Guru meminta kelompok siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
b.      Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa tentang :
    1.      pengertian reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
    2.    pengertian kedaan setimbang

          Siswa diminta menyebutkan :
    a.      Contoh reaksi satu arah dan reaksi bolak-balik
     b.     Contoh kedaan setimbang
      5 menit









10 menit




















    5 menit









    5 menit
         Buku kimia : kelas X, internet

         Bahan : kertas, air, es batu

       Alat : korek api, gelas aqua

IX.                   Penilaian

1.      Penilaian proses
2.      Penilaian hasil
3.      Penilaian praktik
4.      Penilaian sikap
5.      Penilaian pengetahuan
Soal

No
SOAL
Bobot
                                 Penilaian pengetahuan

           1.
      Sebutkan pengertian dari reaksi reversible dan reversible
35
           2.
       Sebutkan pengertian dari kesetimbangan homogen dan heterogen
35
           3.
          Sebutkan pengertian kesetimbangan dinamis
30

            Total skor
100
                               Penilaian praktik

           1.
     Jelaskan cara sederhana untuk menunjukkan konsep kesetimbangan dinamis
100

           Total skor
100

Lembar Penilaian Kognitif

      No
Nama siswa
Nilai/nomor soal
          Total skor
        Rata-rata
       Nilai
         35/1
        35/2
        30/3



            1.
          






            2.
          






            3.
          






            4.
          






            5.
          






            6.
          






            7.







            8.







            9.








Lembar Penilaian Praktik

      No
     Nama siswa
         Menggunakan alat
       Kerja sama
         kebersihan 
        Laporan kegiatan
        Total
        Rata-rata
      Nilai
            1.








            2.








            3.








            4.








            5.








            6.








            7.








            8.








            9.










Keterangan :
Sikap                                                                           Minat
1.      Dalam belajar                                                 1. Antusiasme belajar
2.      Cara berinteraksi dengan guru                          2. Keakstifan belajar
3.      Cara berinteraksi dengan teman                        3. Kehadiran
4.      Cara mengerjakan tugas                                   4. Keaktifan mencatat
5.      Kerja sama

Moral
1.      Memegang janji
2.      Kepedulian terhadap teman
3.      Kepedulian terhadap tugas
4.      Kejujuran

Nilai
            91 – 100 = A (Amat baik)
            76 – 90   = B (Baik)
            65 – 75   = C (Cukup)
            65 - ….   = D (Kurang)


SEMOGA BERMANFAAT ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar