Toad Jumping Up and Down

Senin, 18 November 2013

Silabus Kimia SMA Kelas XI Materi Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia Kurikulum 2013




SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : XI
Kompetensi Inti
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·  Teori tumbukan
·  Faktor-faktor penentu laju reaksi
·  Orde reaksi dan
   persamaan laju reaksi
Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang berjalan sangat cepat dan reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh  petasan, perkaratan (korosi)
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Mendiskusikan pengertian laju reaksi
·     Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Merancang dan mempresentasikan hasil rancangan  faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi  (Associating)
·     Mengolah data untuk membuat grafik laju reaksi
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·     Menghubungkan faktor katalis dengan pengaruh katalis yang ada dalam industri
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mempresentasikan hasil percobaandengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Tugas
·     Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab,  dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Menganalsis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Membuat grafik laju reaksi berdasarkan data
·     menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
3 mgg x 4 jp
























-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya





















2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2      Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.1      Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.2      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.
4.1      Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
4.2      Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi. 
1.1      Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·     Kesetimbangan dinamis
·     Pergeseran arah kesetimbangan
·     Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)



Mengamati (Observing) 
·     Mengamati dengan cara membaca/mendengar/ melihat dari berbagai sumber tentang kesetimbangan kimia, contoh demonstrasi reaksi timbal sulfat dengan kalium iodida yang terbentuk warna kuning, setelah penambahan natriumsulfat kembali terbentuk endapan putih.

Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi reaksi balik (reaksi kesetimbangan dinamis), dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Mendiskusikan reaksi yang terjadi berdasarkan hasil demonstrasi
·     Mendiskusikan terjadinya reaksi kesetimbangan
dan jenis-jenisnya
·     Menuliskan persmana reaksi dalam kesetimbangan
·     Merancang percobaan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan dan mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan (konsentrasi, volum, tekanan dan suhu)
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·     Mengolah dan menganalisis data faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan
·     Mengaplikasikan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam industri
·     Diskusi informasi untuk menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α),  tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Tugas
·     Merancang percobaan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan


Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     menganalisis data faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan
·     menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α),  tetapan kesetimbang-an (Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp

4 mgg x4 jp
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya





















2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.3      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
3.4     Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
4.3      Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
4.4      Memecahkan masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.5      Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

4.10  Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar