(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Teori tumbukan
· Faktor-faktor penentu laju reaksi
· Orde reaksi dan
persamaan laju reaksi
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang berjalan sangat cepat dan
reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh
petasan, perkaratan (korosi)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi
yang cepat
Mengumpulkan data
(Eksperimenting)
· Mendiskusikan pengertian laju reaksi
· Mendiskusikan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
· Merancang dan
mempresentasikan hasil rancangan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) untuk
menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·
Mengamati dan
mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah data untuk membuat grafik
laju reaksi
· Mengolah dan menganalisis data hasil
percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
· Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan
orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·
Menghubungkan faktor katalis dengan pengaruh katalis yang
ada dalam industri
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
· Mempresentasikan hasil percobaandengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Menganalsis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi
· Membuat grafik laju reaksi berdasarkan
data
· menganalisis
data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan
persamaan laju reaksi
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.1
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
reaksi kimia.
|
|||||
3.2 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data
hasil percobaan.
|
|||||
4.1
Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan
(tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
|
|||||
4.2
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi dan orde reaksi.
|
|||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Kesetimbangan dinamis
· Pergeseran arah kesetimbangan
· Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)
|
Mengamati (Observing)
· Mengamati
dengan cara membaca/mendengar/ melihat dari berbagai sumber tentang kesetimbangan kimia, contoh demonstrasi reaksi timbal sulfat dengan kalium iodida yang terbentuk warna kuning, setelah penambahan natriumsulfat kembali terbentuk endapan putih.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa terjadi reaksi balik (reaksi
kesetimbangan dinamis), dan faktor-faktor apa yang
mempengaruhi pergeseran kesetimbangan?
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Mendiskusikan reaksi yang terjadi berdasarkan hasil
demonstrasi
·
Mendiskusikan terjadinya
reaksi kesetimbangan
dan jenis-jenisnya
·
Menuliskan persmana reaksi dalam
kesetimbangan
·
Merancang percobaan
faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan dan mempresentasikannya untuk
menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan faktor-faktor yang
menggeser arah kesetimbangan (konsentrasi, volum, tekanan dan suhu)
·
Mengamati dan mencatat
data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan
menganalisis data faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan
·
Mengaplikasikan faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam industri
·
Diskusi informasi untuk menentukan
komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α), tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) dan
hubungan Kc dengan Kp
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat
laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata
bahasa yang benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan faktor-faktor yang menggeser arah
kesetimbangan
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan,
kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· menganalisis
data faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan
· menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat
disosiasi (α), tetapan kesetimbang-an
(Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp
|
4 mgg x4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta
damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
|||||
3.3 Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
|
|||||
3.4
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan
hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
|||||
4.3
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
|
|||||
4.4
Memecahkan masalah terkait hubungan kuantitatif antara
pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai
dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsive dan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.5
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa
dan/atau pH larutan.
|
|||||
4.10 Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman
asam/basa atau titrasi asam/basa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar